• Sinergi Guru - Membangun Sekolah Maju



    MEMBANGUN SINERGITAS GURU SMK MUTU DI ERA TAHUN 2021
    “Mewujudkan etos sekolah berkualitas”


    UPRADING GURU, MENGGIATKAN PERUBAHAN BESAR DI SEKOLAH - Mengubah cara pandang dan memberikan gebrakan baru untuk memulai sebuah perubahan besar. Pelaksanaan kegiatan tersebut, Senin-selasa (21-22 Desember 2020), tepatnya di Hotel Rayz UMM. SMK Muhammadiyah 1 Pandaan waktunya untuk mengepakkan sayapnya menuju perubahan baru untuk memajukan sekolah yang memiliki etos yang bermutu dan menjadi sebuah sekolah pusat center sekolah-sekolah lain.


    Dalam hal tersebut, seluruh civitas akademik SMK Muhammadiyah 1 Pandaan mengadakan Upgrading Guru guna membangun integritas sama-sama memberikan yang terbaik dan meningkatkan kualitas SDM untuk menghadapi perubahan yang besar di tahun 2021 sebagai sekolah maju.


    Memang tidak mudah dalam mewujudkan suatu perubahan yang begitu besar, perlu suatu bentuk pengorbanan yang harus dipertaruhkan dari segi waktu, kesempatan dan peluang. Menurut, Bapak Nasrullah, saat beliau menceritakan sejarah berdirinya Jas Merah Kampus Putih UMM yang mana sekarang sudah dikenal oleh semua orang. Menurut bapak Nasrullah ada 3 hal yang menjadi kesan pertama orang untuk melihat kualitas dan keunggulan sekolah, yakni possessioning (posisi atau penempatan), diffirensional (pembeda) dan segmentasi.” Dari ketiga hal tersebut yang menjadi Edu Value dalam memberikan daya tarik dalam brand terbaik untuk sekolah. 


    Pada masa ini suatu perubahan harus dilakukan bersama-sama baik seacara internal maupun eksternal. Secara internal, perubahan dibangun dari segi SDM yang bermutu untuk menggiatkan perubahan baru. Tahun 2021 kegiatan besar juga dilakukan yakni pelaksanaan PPDB 2021 disitulah peran yang sangat signifikan dalam mem-branding menuju ke perubahan besar sekolah maju. Adapun faktor eksternal pun juga berpengaruh dalam mencapai perubahan tersebut. Dengan adanya dukungan dari masyarakat dan orang tua siswa, alumni akan lebih mudah dalam mendapatkan pengakuan kualitas sekolah dan dalam meningkatkan kemajuan secara baik dan berkesinambungan.


    Pada tahap branding sangat diperlukan etos sekolah yang tinggi untuk memberikan aroma dengan berbagai macam strategi yang digunakan. Brand tersebut menjadi nama perubahan yang akan membawa kemajuan sekolah. Branding juga tidak lepas dari  marketing sekolah yang merupakan 2 hal yang saling berkaitan yang mana keduanya memberikan kesan pertama atau ciri khas dalam membangun etos sekolah yang unggul dan maju.


    Branding yang diartikan mengangkat citra atau biasa lebih singkatnya dikenal sebagai aroma. Dengan menumbuhkan aroma tersebut akan membawa angin segar dalam  mengenalkan brand sekolah kepada masyarakat. Sedangkan marketing adalah bagaimana cara agar masyarakat ke kita, dengan kata lain mencium parfumnya setelah mengenal aromanya. Seperti contohnya: tokoh penyanyi dangdut Inul, yang dulunya ia hanya orang biasa-biasa saja, akan tetapi setelah orang mencium aroma baru dari dirinya yang biasa dikenal dengan aksi goyangan yang populer pada masa itu. Hal tersebut, yang membuat Inul melambung tinggi pada masanya dan dikenal oleh orang karena ia berbeda dan memiliki kesan pertama pada masyarakat. 


    Berproses adalah bagian dari perjalanan hidup untuk meraih keberhasilan. Sama halnya yang dilakukan oleh para guru SMK Muhammadiyah 1 Pandaan bersinergi untuk mengembangkan sekolah yang berkualitas dari segi fisik dan SDMnya. SDM yang unggul akan menciptakan sebuah energi yang baru dalam laju perkembangan sekolah.


    Banyak sekali kegiatan yang dilakukan untuk mencapai perubahan tersebut antara lain: Budaya 5S dan yang diterapkan kepada siswa sebelum masuk di gerbang sekolah, tetap mengedepankan kesopanan dengan mengucapkan salam lalu mencium tangan bagi siswa perempuan ke guru perempuan dan siswa laki-laki ke guru laki-laki.


    Dari segi etika mereka dibangun dari hal yang sederhana, sehingga mereka dapat mengaplikasikan dengan baik dimanapun. Berbagai upaya kegiatan yang dibangun oleh bapak kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Pandaan pada dasarnya adalah membina, mendidik, mengarahkan dan menanamkan attitude yang baik dan bersinergi dalam berfastabiqul khairat


    Berbagai upaya dilakukan bersama untuk mewujudkan sekolah yang unggul dan berkualitas di tahun 2021 dengan memberikan berbagai gebrakan luar biasa dengan saling mensolidkan dan memperkuat semangat antar guru dan semua warga sekolah. Dalam membranding sekolah ada dua unsur yang menjadi pilar utama terutama, yakni instrinsik etos yang mana artinya menaikkan nama. Dalam menaikkan nama sekolah kita perlu adanya Narasi eksekusi berupa berita, film, platform dan foto dan perlu adanya sebuah sensasi baru, GIMMICK. Kualitas sekolah memiliki ide, narasi, dan eksekusi. Ekstrinsik etos adalah goal menjadi perjalanan dalam mendapatkan kepercayaan kepada masyarakat. 


    Dalam ekstrinsik etos branding ada 2 hal yakni internal public atau pride (membangun kebanggaan kepada guru, siswa untuk menjadi publik piar. Word of mouth (berkomunikasi lisan ke orang) sedangkan eksternal publik adalah membangun kekaguman (admire). Brand identy colour yang menjadi Gimmick kontak mayarakat ada empat: Awwareness, consideration (menonjolkan keberadaan dan pilihan atau referensi), decision dan loyality (alasan utama memilih sekolah tersebut). 


    “Saya tidak merubah tatanan sekolah, akan tetapi menambahkan struktur organisasi sekolah di tahun 2021, dengan berbagai pertimbangan, diharapkan dengan adanya perubahan untuk semua guru ikut serta dalam menggerakkan kemajuan demi sekolah yang berkualitas," tutur Wiwit Dwi Purwono selaku kepala sekolah. Tatanan tersebut di tambahkan guna memberikan sebuah perubahan baru di era tahun 2021 dan sama-sama saling bahu membahu untuk beproses. Terus berkarya dan saling memberikan aroma positif untuk sekolah, maka  di situlah cara kita untuk mendapatkannya. Peran guru juga sangat penting demi kemajuan sekolah, karena SDM yang baik dan bermutu akan melahirkan sisi perubahan yang besar dan memberikan aroma terbaik untuk kemajuan sekolah. 


    Bersinergi dengan cinta yang diberikan pada apapun yang dilakukan dan terutama anak didik di sekolah. Menurut Ustadz Slamet Junaedi “Modal utama cinta adalah kelembutan sikap”. Bahwasanya setiap perilaku dan sikap seorang guru yang baik akan memberikan kecintaan tersendiri bagi anak didik kita. Anak didik adalah ibarat tangki emosional yang tidak boleh kosong, harus penuh tugas sebagai Pendidik adalah memenuhinya agar tidak sampai kosong.


    Sikap dari seorang guru yang dapat memberikan kecintaan kepada siswa kita adalah DOA, amal jariyah, pertolongan, ikhlas dan uswah. Keikhlasan seorang guru dalam mendidik akan memberikan sinergi dalam keikhlasan. Karena seorang guru yang ideal akan menjadi figur letakan bagi anak. Demi mewujdukan sekolah yang maju tidak hanya dari segi fisik saja, akan tetapi perlu SDM yang hebat untuk mewujudkan impian tersebut menjadi sebuah kenyataan yang secara berkelanjutan demi memberikan pendidikan terbaik untuk anak bangsa.


    Di hari kedua, Para guru SMK Muhammadiyah 1 Pandaan melakukan kegiatan outbound bersama para trainer Razy Hotel UMM. Dalam kegiatan outbound banyak sekali pelajaran yang diambil dalanm setiap permainan yang dilakukan. Terutama permainan dalam memasukkan bola pada setiap lubang yang ada tulisan nama warna. Perintah yang diminta adalah harus dapat memasukkan bola sesuai nama warnanya. Ada 3 tim yang melakukan kegiatan tersebut, yakni tim hijau, tim biru dan tim putih. Masing-masing tim mmeiliki sisi keunikan  dalam melakukan permainan tersebut. 


    Dari permainan itu dapat diambil pelajaran yang berharga, bahwa dalam melakukan apapun yang dikerjakan tidak boleh panik dan tergesa-gesa, tidak boleh saling menyalahkan, harus ada 1 orang yang mengarahkan dalam melakukan gerakan memasukkan bola sesuai nama warnanya, perlu fokus dan juga starategi yang jitu dalam memasukkan bola tersebut.


    Sama halnya dengan memajukan sekolah SMK MUTU Pandaan, jika antar guru tidak ada kekompakan dan saling mendukung satu sama lain demi berproses bersama, saat ada masalah tidak diselesaikan secara bersama-sama dan kurangnya kesadaran diri, maka tidak ada kemajuan yang akan didapatkan. Kutipan singkat yang menarik dari kegiatan tersebut “Jika kita memberi yang terbaik, maka kita akan mendapatkan yang terbaik pula”.


    Sekolah yang berkualitas adalah sekolah yang mau berproses demi mencapai titik jalur yang diharapkan dengan melakukan sebuah perubahan besar untuk ke depannya. Sinergitas guru tidak hanya dalam membangun sekolah menuju perubahan, akan tetapi merubah sikap guru dan memberikan kecintaannya kepada siswa dalam mengajar di kelas. Sehingga, akan melahirkan keikhlasan dalam mengajar penuh cinta ke peserta didik. Rasa cinta adalah modal utama dalam membangun kemajuan bersama dan menciptakan sekolah berfastabiqul khairat. SMK Bisa, SMK Hebat !!!

    Desember 24, 2020 | 0 | | | | Print Friendly and PDF
  • TELEPON

    (0343) 630049

    SUREL

    smkmuhammadiyah1pdn@yahoo.co.id

    ALAMAT

    Jl.Raya Pandaan-Bangil KM.2
    Kebonwaris Pandaan 67156

    SOSIAL MEDIA

    IG : @smkmutupandaan
    FB : @smkmuhamadiyah1pandaan